Tukang Bangunan

bangun-masjid

Tukang Bangunan yang ada sekarang ini memiliki beberapa metode dalam bekerjanya, masyarakat sebaiknya mengerti lebih dalam dan memahami alasan – alasan yang muncul dengan beberapa metode yang ada tersebut, hal ini merupakan pilihan dan konsumen / pengguna jasa dihadapkan dengan pilihan mana yang cocok , metode kerja juga sebagai alternatif atas keberagaman dalam berwirausaha.

Borongan
Memilih sistem borongan artinya semua pekerjaan diborongkan kepada jasa tukang bangunan , atau sekaligus bahan material bangunannnya. Artinya ada 2 pilihan : Bapak / Ibu memborogkan tenaganya saja , untuk material bangunan anda yang menyiapkan. Atau Bapak / Ibu memborongkan semua tenaga sekaligus bahan bangunan yang ada di RAB ( Rencana Anggaran Biaya ) spesifikasi pada desain rumah tersebut. Demi kelancaran pekerjaan, sebaiknya memperhatikan hal berikut :

a.Borongan Tenaga Saja
Pastikan Bapak / Ibu membeli material bangunan tepat waktu sesuai rencana bangun, artinya jangan Tukangnya sudah siap, tapi material belum ada, hal ini akan menambah beban biaya bagi tukang bangunan yang memborong pekerjaan tersebut, harus ada klausul yang disepakati bersama misal : jika material tidak tepat waktu maka argo yang jalan dibebankan ke anda atau hal lain yang jelas antara kedua belah pihak.

b.Borongan Tenaga dan Material Bangunan
Untuk pekerjaan proyek yang sedang atau besar, pilihan ini biasanya diambil. Bapak / Ibu menyerahkan semua pekerjaan tenaga, pembelian material dan semua tahu beres sampai jadi serah terima kunci, dalam proses pembangunan harus terjalin komunikasi yang baik, mengenai tahapan pekerjaan, kontrol spek material yang digunakan harus sesuai, adanya kompromi perubahan spek jika terjadi di lapangan dll. Untuk kelancancaran kerja sesuai jadwal , pihak pemborong akan mengatur alur trafik tenaga dan material, sementara pihak pemilik memenuhi / mengatur alur pembayaran termin tepat waktu.

Harian
Untuk tukang bangunan skala kecil atau pekerjaan – pekerjaan skala kecil, banyak tukang bangunan dapat menerima sistem pembayaran berdasarkan upah harian, anda harus memiliki banyak waktu untuk terus mengawasi pekerjaan tersebut agar nilai pekerjaan yang dikerjakan sesuai dengan berapa hari dibutuhkan sampai selesainnya pekerjaan. Apabila tidak termonitor, kadang konsumsi waktu bertambah panjang. Hidupnya tukang bangunan berdasarkan hari, sehingga sebelum hari selesai pekerjaan, mereka juga wajar harus memikirkan proyek pekerjaan di tempat lain sesegera mungkin ada.

Jenis Keahlian
Masing – masing tukang bangunan yang baik adalah memiliki keahlian berbeda dan tidak bisa memperkerjakan tukang tersebut di banyak pekerjaan. Ada tukang bangunan ahli pembesian, ada tukang bangunan ahli pasang keramik, ada tukang bangunan ahli finishing dsb. Dengan penempatan keahlian di pekerjaannya, maka hasilnyapun akan bagus.

Tempat Kerja
Tukang bangunan memiliki ruang lingkup kerja yang luas sekali tergantung seberapa besar proyek yang dikerjakan. Ada tukang bangunan yang bekerja membangun apartemen, mall, hotel untuk projek besar, ada tukang bangunan mengerjakan pembangunan perumahan / cluster , rumah tinggal, ruko, kios dan adapula yang skal kecil – kecil mengerjakan pekerjaan pengecatan, atap bocor, ngedak , renovasi rumah dll.

Gaji Upah
Upah tukang bangunan bervariasi, tergantung dari keahlian tukang bangunan tersebut, lokasi / daerah , dan team / group masing – masing. Bagi yang aktif dan menekuni jasa tukang bangunan, untuk perbedaan biasanya masih dalam batas wajar jika anda melihat dari beberapa – penawaran kerja yang masuk.

Jam Kerja
Jam kerja tukang bangunan biasanya tergantung dari proyek yang dikerjakan tersebut, untuk proyek besar yang mengejar waktu penyelesaian bisa sistem shift, tetapi untuk proyek pembangunan rumah biasanya jam kerjanya dari jam 8.00 pagi – 17.00 sore.

Trending Now : Bahan Pintu Terbaik dan Murah Bekasi