Cileungsi

Cileungsi adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. kecamatan ini direncanakan masuk ke wilayah Kabupaten Bogor Timur.
Kecamatan Cileungsi adalah salah satu kecamatan di Wilayah Utara-Timur, Kabupaten Bogor, yang terbagi menjadi 12 desa. Kecamatan ini adalah salah satu daerah industri di kawasan Jabodetabek. Alasan utama kecamatan ini menjadi daerah industri adalah karena jarak tempuh kecamatan ini dari daerah Cawang Jakarta Timur yang hanya sekitar 40 menit dan kelengkapan fasilitas umum yang dimilikinya. Karena warga yang tinggal di Cileungsi adalah pindahan dari Cawang Jakarta Timur akibat Banjir tahun 1996.

Kebun sawah di Cileungsi sekitar awal tahun 1920-an. Dulu juga terdapat Rel kereta api pernah ada percabangan dari Stasiun Nambo ke Cileungsi, Jonggol, Cianjur dan Bukaka, Yang pernah beroperasi cuma KA Parahyangan, jurusan Gambir-Bandung, yang beroperasi antara tahun 1975 sampai 1998. Tapi, Rel kereta api ke Bukaka sudah mati akibat Banjir melanda Kabupaten Bogor tahun 1996. Maka jalur Citayam-Nambo-Cileungsi-Situsari-Jonggol-Cianjur sudah mati sejak akibat pasca krisis moneter dan kerusuhan Mei 1998 dan dihidupkan kembali pada tanggal 2 Maret 2007 setelah Banjir melanda Kabupaten Bogor.

Trending Now : Jasa Bangun Rumah Klasik Murah di Bekasi